• +6221 - 5830 0077
  • +62 811-1300-1548
  • recruitment@metrotvnews.com

Tips Menghadapi Proses Psikotest Kerja

Sep 20, 2019

Hai Sobat Karir! Pasti sudah tidak asing lagi dengan Psikotest atau Psikologi Test bukan? Psikotest menjadi salah satu dari rangkaian test yang digunakan  dalam proses rekrutmen perusahaan. Banyak dari kita  merasa cemas dan khawatir dalam menghadapi psikotest. Pada artikel kali ini, ada 5 hal yang perlu Sobat Karir persiapkan dalam menghadapi Psikotest, simak ya! 

1. Persiapkan Mental dan Fisik 

Terkadang pikiran kita sendiri yang membunuh motivasi dan mental kita, bahkan terkadang berpikir negatif secara berlebihan dapat mempengaruhi kondisi fisik kita lho! Nah, oleh karena itu persiapkan mental mu dengan selalu berpikir positif. Selain itu ingat jaga kesehatan! karena kesehatan juga memiliki pengaruh dalam proses berpikir, seperti biasakanuntuk sarapan sebelum mengerjakan test ya! 

2. Persiapkan Segala Sesuatunya 

Persiapkan segala sesuatunya di malam hari sebelum kamu melaksanakan psikotest. Seperti alat tulis (Pensil, Pulpen dan Penghapus) serta  persiapkan papan jalan, walaupun pihak perusahaan tidak meminta untuk membawanya, sebaiknya tetap kamu persiapkan karena kita tidak tahu bagaimana kondisi kelas atau ruangan disana.  Tidak hanya Itu, persiapkan pula Pakaian yang akan kamu gunakan saat hadir psikotest kerja. . 

3. Tidur dengan waktu yang cukup

Sepintar apapun kamu, tapi kalau kamu tidak cukup tidur pikiran mu bisa jadi tidak fresh. Nah, pastikan waktu tidur mu itu cukup. Hindari tidur larut malam  ya.. 

4. Datang Tepat Waktu 

Perlu diingat psikotest memiliki beberapa subtest atau bagian yang memiliki waktu minim dalam pengerjaannya.  Jika kamu terlambat kamu akan kehilangan waktu pengerjaan dan seorang tester atau sesorang yang memberikan instruksi pada tes umumnya tidak bisa diinstruksikan dua kali. Sehingga untuk meminimalisir itu semua datanglah tepat waktu. Lebih baik kamu menunggu daripada kamu terlambat.  

 5. Dengarkan Instruksi dan Manfaatkan Waktu dengan baik

Ingat selama psikotest berlangsung kamu tidak bisa bertanya kepada tester, kecuali memang pada saat tester memberikan waktu untuk bertanya. Sehingga dengarkan setiap instruksi yang diberikan dan patuhi! Jangan membuang waktu mu untuk mengerjakan hal hal yang tidak penting, fokuslah karena setiap subtest memiliki waktu tertentu dan tidak bisa diulang.

Jadi, itulah 5 tips untuk menghadapi Psikotest kerja, semoga berhasil ya Sobat Karir ya! Ingat, ini psikologi test sehingga kamu harus menjadi diri sendiri ya ! Semangat Sobat Karir!! 

 

 

Penulis : Hanina Maulidha

Testimonials

Sep 23, 2019

Ferdinand Karsten - JDP Batch XVIII

Nama saya Ferdinand Karsten. Saya bergabung di ...

Read More
Sep 23, 2019

Fani Maulana - TDP Batch XI

Nama saya Fani Maulana, tak lama setelah lulus S-1 di UIN...

Read More
Sep 23, 2019

Gina Sara Melati - JDP Batch XV

1 Agustus 2015 merupakan hari pertama saya bekerja di Met...

Read More
Sep 23, 2019

Livia Ramadhanti - JDP Batch XIII

Hi aku Livia, Journalist Development Program/ JDP 13. Saa...

Read More
Sep 23, 2019

Tomy Sastradiwirja - MMDP Batch V

Hi, nama saya Tommy Sastradiwirja, saya memulai karir say...

Read More
Sep 20, 2019

Abdy Azwar Sahi - GDP Batch II

Saya Abdy Azwar Sahi memulai karir di Metro TV sejak 16 A...

Read More
x

Re-send Activation Email

x

Forgot Password

Please enter your email address below
We will send you an email that will allow you to reset your password
X

User Login

Forgot Password?
x

Sign Up

New User? Register here
Re-send Activation Email