• +6221 - 5830 0077
  • +62 811-1300-1548
  • recruitment@metrotvnews.com

10 Tips Sukses di Hari Pertama Bekerja

Dec 05, 2019

Sobat Karir, apakah Anda termasuk orang yang masih bingung dan tidak percaya diri dalam menghadapi hari pertama bekerja? Tenang! Ini hal yang wajar dialami oleh semua orang. Nah, pada artikel ini mari kita simak sepuluh tips sukses di hari pertama bekerja :

 1. Datang Tepat Waktu Usahakan untuk datang tepat waktu, karena ini adalah kunci utama keberhasilan Anda. Hal ini memberikan kesan yang positif pada diri Anda. Anda bisa datang ke kantor satu jam atau setengah jam sebelumnya. Lebih baik Anda menunggu, sambil mengisi waktu Anda dapat menyiapkan dokumen untuk administrasi di hari pertama, bukan?

2. Grooming Grooming juga bisa menjadi salah satu kunci untuk mendapatkan kesan positif. Penilaian pertama orang lain terhadap diri Anda adalah dari penampilan. Berpakaian rapi, sopan, dan menarik dengan menggunakan office attaire yang tepat. Untuk wanita Anda dapat menggunakan kemeja atau blazer dan rok atau celana bahan. Untuk para pria Anda dapat menggunakan kemeja dan celana bahan. Jangan pernah Anda menggunakan celana jeans, kaos, ataupun pakaian kasual lainnya. Selain menggunakan office attire, perhatikan wajah dan rambut Anda. Bagi para perempuan Anda dapat menggunakan make up tipis sewajarnya, bila Anda berhijab gunakanlah dengan rapi. Jika pria, pastikan kumis, jenggot, dan rambut rapi. Dan jangan lupa gunakanlah parfum untuk menunjang kepercayaan diri Anda.

 3. Lakukanlah 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun) 5 S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Satun) adalah hal yang wajib Anda lakukan kepada siapapun! Tidak memandang dia atasan atau bawahan Anda. Karena sikap Anda ini menunjukkan bahwa Anda menghargai orang lain.

 4. Ingatlah Nama Rekan-Rekan Kerja Banyak orang yang memiliki memori kurang baik dalam mengingat sesuatu atau nama orang lain. Pada hari-hari awal Anda bekerja, ini merupakan hal yang wajar. Anda bisa melakukan antisipasi dengan mencatat nama-nama rekan kerja Anda atau Anda bisa menanyakan kembali kepadanya dengan sopan.

5. Jangan Malu Bertanya Sebagai orang baru Anda harus inisiatif untuk bertanya hal yang berhubungan dengan pekerjaan. Bila Anda mendapatkan rekan kerja sebagai pendamping, ini menjadi hal yang menguntungkan untuk Anda dalam menggali informasi tentang pekerjaan, lingkungan kerja maupun perusahaan Anda.

6. Berbaurlah dengan rekan kerja Anda! Tunjukan Anda adalah orang yang ramah, tapi ingat buka sok kenal! Biasanya makan siang adalah golden time untuk berkenalan atau membangun relasi. Sesekali Anda bertanya hal-hal yang ringan atau membuat obrolan diluar dari pekerjaan.

7. Tunjukkan Semangat Anda! Walaupun Anda belum mengerti dengan pekerjaan Anda, tetaplah semangat! Bertanyalah kembali hingga Anda sudah paham, bila perlu Anda boleh meminta untuk ditunjukkan contoh tentang pekerjaan yang akan dikerjakan.

8. Budayakan Mencatat Sesuatu Mencatat adalah kunci dari segala hal! Karena tidak semua informasidi hari pertama bekerja dapat Anda ingat begitu saja, mencatat menjadi cara jitu untuk mengatasinya.

9. Perbanyaklah Mendengar Ada saatnya atasan atau rekan Anda akan menjelaskan mengenai tugas utama Anda, dengarkan dengan seksama meskipun sebenarnya Anda sudah mengerti. Bila dibutuhkan berikan respon yang positif sehingga Anda terlihat antusias dan mau belajar.

10. Jangan Pulang Tepat Waktu Meski ini adalah hari pertama bekerja, dan tidak banyak pekerjaan yang Anda lakukan. Sisihkanlah waktu pulang Anda lebih lama dari waktu sesungguhnya. Minimal 10-20 menit, diwakutu itulah Anda dapat mengobservasi lingkungan kerja Anda. Dan jika Anda rasa sudah cukup, pamitlah kepada rekan-rekan lainnya dengan sopan dan santun. Nah, Sobat Karir itulah 10 tips sukses di hari pertama bekerja! Semoga dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri kamu ya! Salam sukses!

 

 Penulis : Hanina Maulidha

Testimonials

Sep 23, 2019

Ferdinand Karsten - JDP Batch XVIII

Nama saya Ferdinand Karsten. Saya bergabung di ...

Read More
Sep 23, 2019

Fani Maulana - TDP Batch XI

Nama saya Fani Maulana, tak lama setelah lulus S-1 di UIN...

Read More
Sep 23, 2019

Gina Sara Melati - JDP Batch XV

1 Agustus 2015 merupakan hari pertama saya bekerja di Met...

Read More
Sep 23, 2019

Livia Ramadhanti - JDP Batch XIII

Hi aku Livia, Journalist Development Program/ JDP 13. Saa...

Read More
Sep 23, 2019

Tomy Sastradiwirja - MMDP Batch V

Hi, nama saya Tommy Sastradiwirja, saya memulai karir say...

Read More
Sep 20, 2019

Abdy Azwar Sahi - GDP Batch II

Saya Abdy Azwar Sahi memulai karir di Metro TV sejak 16 A...

Read More
x

Re-send Activation Email

x

Forgot Password

Please enter your email address below
We will send you an email that will allow you to reset your password
X

User Login

Forgot Password?
x

Sign Up

New User? Register here
Re-send Activation Email