• +6221 - 5830 0077
  • +62 811-1300-1548
  • recruitment[at]mediagroupnetwork.com

Ayo Temukan Passion Mu

Sep 20, 2019

Hallo Sobat Karir! Hayoo.. Siapa diantara kalian yang masih bingung punya passion apa? Nah, pada artikel ini yuk kita bahas Tips-tips untuk  menggali passion mu! Berikut adalah tips nya : 

 

1. Lakukan Analisis SWOT

Ada yang pernah mendengar mengenai Analisis SWOT ?. Hal ini bisa kamu lakukan apalagi kalau kamu mau membuka bisnis.  Nah, hal ini  juga bisa kamu gunakan untuk menganalisa atau mengenali siapa diri kamu.  Luangkan waktu mu sekitar 10-30 menit untuk berpikir dan merenung mengenai diri kamu lalu tuliskan pada secarik kertas  seperti :  apa saja Strenght (kekuatan) dan Weakness (kelemahan) kamu, Oppurtunity (kesempatan) yang bisa kamu lakukan, dan Threat (ancaman) pada diri kamu. Tuliskan sebanyak-banyaknya ya!

 

2. Fokus Pada Strenght (kekuatan) Mu 

Setelah kita melakukan analisis SWOT,  saatnya kamu fokuskan diri kamu pada poin Strenght atau kekuatan yang kamu milki. Kamu tidak perlu khawatir jika jumlah Strenght yang kamu miliki lebih sedikit daripada weakness kamu. Tetap fokus dan percaya bahwa kekuatan kamu  bisa jadi amunisi mu untuk masa depan! Ubah mindset mu, cobalah untuk selalu berpikir positif dan percaya diri! Karena kalau bukan kamu, siapa lagi yang memikirkan dirimu? 

 

3. Tanyakan Kepada Orang Lain Sesekali

Diskusikanlah dengan para sahabat mengenai pandangan mereka tentang dirimu.  “ Menurut kamu, aku itu orangnya bagaimana sih?” nah, pastiteman-teman mu akan menjawab dengan berbagai pemikiran dan pandangan. Dari padangan dan pemikiran mereka ini lah, kamu bisa mengetahui hal positif yang ada di diri kamu dan kamu  bisa dengan mudah mencocokan hal yang kamu sukai dan pandangan orang lain mengenai passion atau kemampuan dirimu. Tapi ingat ya Sobat Karir, jangan baper alias terbawa perasaan jika teman kamu memberikan kritik ataupun sarannya. 

 

4.  Bermimpi lah..

Sebuah mimpi atau  berandai-andai itu penting lho! Jangan pernah berpikir kalau buat pengandaian itu membuang waktu,  ini bisa membantu kita untuk tahu mau dibawa kemana arah hidup kita. Nah, bermimpi yang dimaksud adalah apa yang  menjadi tujuan hidup mu! Kira-kira 5 tahun yang akan datang kamu ingin seperti apa? Hal tersebut akan membantudalam mengarahkan passion mu seperti tujuan berkarir mu. 

 

5. Buatlah Afirmasi Pada Diri Mu

 Kalo kamu sudah melakukan keempat tips sebelumnya, di tips ke lima ini kamu bisa tutup dengan  melakukan afirmasi. Afirmasi  adalah pernyataan positif tentang diri kamu.  Ini akan dapat kamu kaitkan dengan hal apa yang kamu sukai atau dibidang apa yang kamu ahli, sehingga dapat memperkuat pikiran dan hati  untuk selalu berpersepsi positif  mengenai dirimu sendiri. Misalnya : “Aku adalah orang yang handal dalam design” ; “Aku bisa melakukan coding” “Aku adalah professional IT” ; “Aku adalah reporter hebat yang memiliki pemikiran yang kritis”. Kalau bisa, tuliskan di secarik kertas dan tempel disudut kamar mu atau dimana pun yang mudah terlihat oleh mu! 

Jadi, mari temukan passion mu! Karena setiap orang itu memiliki passion nya masing-masing. Kalau orang lain bisa, kamu tentu juga bisa! Semangat Sobat Karir! 

 

 

Penulis : Hanina Maulidha

Testimonials

Feb 04, 2020

Ferdinand Karsten - JDP Batch XVIII

Nama saya Ferdinand Karsten. Saya bergabung di ...

Read More
Sep 23, 2019

Fani Maulana - TDP Batch XI

Nama saya Fani Maulana, tak lama setelah lulus S-1 di UIN...

Read More
Sep 23, 2019

Gina Sara Melati - JDP Batch XV

1 Agustus 2015 merupakan hari pertama saya bekerja di Met...

Read More
Sep 23, 2019

Livia Ramadhanti - JDP Batch XIII

Hi aku Livia, Journalist Development Program/ JDP 13. Saa...

Read More
Sep 23, 2019

Tomy Sastradiwirja - MMDP Batch V

Hi, nama saya Tommy Sastradiwirja, saya memulai karir say...

Read More
Sep 20, 2019

Abdy Azwar Sahi - GDP Batch II

Saya Abdy Azwar Sahi memulai karir di Metro TV sejak 16 A...

Read More
x

Re-send Activation Email

x

Forgot Password

Please enter your email address below
We will send you an email that will allow you to reset your password
X

User Login

Forgot Password?
x

Sign Up

New User? Register here
Re-send Activation Email